Kamis, 09 Januari 2014

Resume



Eksperimen
Korelasi
Survey
Deskriptif
Study Kasus
Penelitian Tindakan Kelas
Pengertian
Penelitian yang dilakukan untuk  mengetahui pemberian suatu treatmen / perlakuan terhadap subjek penelitian.
Penelitian yang menitik beratkan pada adanya hubungan antara dua variabel/ lebih, dimana peneliti biasanya mencari hubungan keterkaitan variabel tersebut untuk menentukan tujuan penelitian.
Penelitian yang mengambil sample dari suatu populasi dan menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpulan data yang pokok.
Suatu bentuk penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan fenomena- fenomena yang ada.
Penelitian dilakukan terhadap suatu objek yang disebut sebagai kasus yang dilakukan secara utuh.
Penelitian tindakan yang dilakukan oleh guru dengan tujuan memperbaiki mutu praktik / pembelajaran di kelas.
Ciri Khas
1.    Adanya perlakuan,
2.    Adanya kontrol.
1.    Hubungan dua variabel,
2.    Adanya perbandingan.
1.    Adanya kuisioner,
2.    Populasi yang besar,
3.    Pengamatan secara langsung.
Apa adanya.
1.    Menempatkan objek penelitian sebagai kasus,
2.    Memandang kasus sebagai fenomena yang bersifat konteporer,
3.    Dilakukan pada kondisi kehidupan sebenarnya,
4.    Menggunakan berbagai sumber data,
5.    Menggunakan teori sebagai acuan penelitian.
1.  Meningkatkan mutu pembelajaran,
2.  Adanya refleksi,
3.  Hipotesis bersifat apa adanya.
Syarat/ Langkah- langkah
1.    Peneliti harus dapat menentukan secara sengaja kapan dan dimana ia akan melakukan penelitian,
2.    Penelitian terhadap hal yang sama harus dapat diulang dalam kondisi yang sama,
3.    Peneliti harus dapat memanipulasi/ mengubah, mengontrol variabel yang diteliti sesuai dengan yang dikehendakinya,
4.    Diperlukan kelompok pembanding (control group) selain kelompok yang diberi perlakuan (experimental group).
1.    Penentuan masalah,
2.    Peninjauan masalah/ study kepustakaan,
3.    Rancangan penelitian/ metodologi penelitian,
4.    Pengumpulan data,
5.    Analisis data,
6.    Simpulan.
1.  Merumuskan masalah penelitian dan menentukan tujuan survey,
2.     Menentukan konsep dan hipotesis awal serta menggali kepustakaan,
3.     Pengambilan sample,
4.     Pembuatan kuisioner,
5.     Memilih dan melatih pewawancara,
6.     Mengedit  dan mengkode,
7.     Analisa dan pelaporan.
1.  Identifikasi masalah,
2.    Merumuskan masalah,
3.    Menentukan tujuan,
4.    Melakukan studi pustaka,
5.    Menentukan kerangka berfikir,
6.    Desain metode penelitian,
7.    Mengumpulkan data,
8.    Membuat laporan.
1. Pemilihan kasus,
2.   Pengumpulan data,
3.   Analisis data,
4.   Perbaikan ( refinement),
5.   Penulisan laporan.
1. Dilakukan oleh guru,
2. Dilakukan diwilayah sempit ( kelas),
3. Materi harus yang susah.
Contoh Penelitian
Pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SD Negeri 1 Tukdana.
Hubungan pembelajaran keterampilan terhadap motivasi berwirausaha siswa.
Implementasi model pembelajaran guru ramah terhadap anak pada pendidikan agama islam di SD wilayah Tukdana.
Perbandingan kemampuan anak  yang mengikuti pendidikan non formal dengan anak yang tidak mengikuti pendidikan non formal.
Efektivitas penggunaan TIK sebagai media pembelajaran terhadap proses pembelajaran Biologi di SMA wilayah Tukdana.
Penerapan model pembelajaran learning sangat efektif untuk mencapai ketuntasan hasil belajar pada siswa dalam mata pelajaran akuntansi di SMK Negeri 1 Cirebon.

0 komentar:

Posting Komentar